PENERAPAN ISO 9001:2008 DALAM PENDIDIKAN KEJURUAN

Sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008  merupakan sistem manajemen dengan pendekatan kepada kepuasan pelanggan. Pelanggan pada sistem manajemen mutu adalah pelanggan internal, pelanggan eksternal, pihak yang berkepentingan (interested parties). Untuk dapat menerapkan pemenuhan kepuasan pelanggan ada Delapan Prinsip Dasar Manajemen Mutu yaitu :

[1] Customer Focus ( Perhatian pada pelanggan)

[2] Leadership(Kepemimpinan)

[3] Involvement of people (Pelibatan orang)

[4] Process approach (Pendekatan Proses)

[5] Sistem approach to management ( Pendekatan sistem pada manajemen)

[6] Continual improvement ( Perbaikan berkelanjutan)

[7] Factual approach to decision making ( Pengambilan keputusan berdasar-Fakta)

 [8] Mutually beneficial  supplier relationships ( Hubungan pemasok yang  saling  menguntungkan).

Implementasi dari delapan prinsip ini diwujudkan dalam persyaratan-persyaratan SMM ISO 9001:2008 dalam bentuk klausul/pasal-pasal.

Penerapan ISO 9001:2008 dalam pendidikan dimulai dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

siapa pelanggan Anda?

siapa yang menerima pelanggan Anda?

siapa yang menyusun program?

siapa yang melaksanakan program?

siapa yang melakukan evaluasi program?

siapa yang melakukan verifikasi dan validasi program?

siapa yang mendukung proses dari perencanaan sampai evaluasi?

siapa yang melakukan outsourcing apabila kebutuhan SDM tidak ada di dalam organisasi?

 

Jawaban pertanyaan ini diikuti dengan penyusunan alur bisnis prosesnya. Bisnis proses adalah rangkaian aktifitas yang ada dalam organisasi/institusi, yang merupakan aliran input dan output yang terkait dari unit kerja satu kepada unit kerja lain atau dari pelanggan kepada organisasi.

 

Untuk dapat mengetahui proses-proses apa yang dilakukan pada organisasi maka diperlukan analisis pemetaan  bisnis proses (Business process mapping). Untuk dapat melakukan analisa  bisnis proses maka harus menjabarkan peran, tugas dan tanggung jawab yang ada pada

[1] Struktur organisasi,

[2] Mekanisme dan koordinasi dalam struktur organisasi,

[3] Menjabarkan aktivitas yang ada pada struktur meliputi tugas, tanggung jawab dan wewenang.

 

Pemetaan bisnis proses dilakukan untuk menyesuaikan rangkaian kegiatan organisasi dengan pasal-pasal dalam ISO 9001:2008.

Dalam pemetaan bisnis proses maka organisasi akan mampu

[1]  Mengidentifikasi proses-proses yang dilakukan di organisasi/sekolah,

[2] Mengukur keefektifan proses yang dilakukan dalam melayani kebutuhan pelanggan,

[3] Melakukan sinkronisasi pasal-pasal SMM ISO 9001:2008 dalam rangkaian proses di organisasi/sekolah,

[4] Mempermudah pihak ekternal dan internal untuk mendapatkan alur proses dan interaksinya yang ada di  organisasi/sekolah,

[5] Membantu auditor untuk memahami proses-proses yang ada di organisasi/sekolah.

 

Analisis keterkaitan proses di sekolah dengan Bisnis Proses lain yang dipersyaratkan oleh SMM ISO 9001:2008 perlu dilakukan mulai dari penerimaan Peserta Didik baru (PPDB), pelaksanaan Pembelajaran, sampai ke proses penelusuran tamatan.

Proses-proses atau aktivitas yang ada di sekolah antara lain

[1]Penerimaan peseta didik baru (PPDB),

[2] Promosi sekolah,

[3] Pengembangan kurikulum dan penerapannya,

[4] PBM,

[5] Ujian akhir sekolah,

[6] Uji kompetensi/sertifikasi,

[7] Ujian akhir nasional,

[8] Pembelajaran di dunia kerja,

[9] Penelusuran tamatan,

[10] Pengelolaan fasilitas,

[11] Pengelolaan unit produksi,

[12] Pelatihan SDM sekolah,

[13] Bimbingan karir (guru dan siswa),

[14] Penyusunan bahan ajar (modul),

[15] Kegiatan extra kurikuler,

[16] Pengadaan guru tamu/out sourcing,

[17] Kerjasama antar lembaga,

[18] Penyusunan program sekolah dengan komite sekolah,

[19] Kegiatan kreativitas siswa.

 

Proses-proses tersebut di atas dijadikan kerangka proses yang menyatu sehingga menjadi alur yang mengalir dari awal sampai akhir dalam satu persepsi, yaitu mulai penerimaan peserta didik baru sampai menamatkan peserta didik dan melakukan penelusuran tamatan.

Pembuatan kerangka bisnis proses diawali dengan menyusun matrik analisis antara proses yang ada di sekolah dipadankan dengan pasal-pasal SMM ISO 9001:2008 dan  dijelaskan dalam uraian dan tugas serta tanggung jawab setiap orang dalam organisasi sekolah.

 

NO

PROSES DI  SEKOLAH

PASAL-PASAL ISO

URAIAN

TANGGUNG JAWAB

1 Penyusunan Program Sekolah dengan Komite sekolah 5.4.2.a / 4.1.d -Penyusunan

-RAPBS

Kepsek /Ka Komite
2 Penerimaam Peserta Didik Baru 7.2.2.a Tujuan persyaratan berkaitan dengan kompetensi Waka Kesiswaan
3 Pengembangan Kurikulum 7.3  (7.3.1 s.d. 7.3.7) Perancangan dan pengembangan /sinkronisasi dengan kebutuhan masyarakat Waka Kurikulum
4 PBM di Sekolah 7.5.1 PBM di Sekolah Ka. Prog
5 PBM di dunia kerja 7.5.1 PBM di Idunia kerja Ketua program
6 Pengadaan guru tamu 7.4, 7.4.2.b / 6.2.1 Penyedian SDM dari luar sekolah (outsorcing) Waka Humas
7 Ujian Akhir Sekolah 8.2.3 / 8.2.4 / 8.4 Uji Komp/Evaluasi/

Remidial/Data Statistik

Ka.prog /Waka Kur
8 Ujian Akhir Nasional 8.2.3 / 8.2.4 UAN Waka Kur/KaProg
9 Pengelolaan Fasilitas 6.3 Perbaikan dan pemeliharaan Sapras. Waka sarana
10 Pengelolaan Perpustkaan 6.3 Penyimpanan dan perawatan buku perpus. TU
11 Pengelolaan unit produksi 7.5.2 / 7.5.1 /

5.2.1 / 4.1.a

Produksi sebagai wahana PBM/Org UP Waka humas
12 Pengelolaan  UKS 6.1.b / 6.2.2.b Ekstrakurikuler dan /pelatihan uks Waka

Siswa

13 Organisasi Kesiswaan 5.4.2.a / 4.7.1.a / 6.1.b Osis/Pelatihan Waka Siswa
14 Koperasi Sekolah 5.4.2.a / 7.5.1 / 6.2.2.b Organisasi/PBM/Pelatihan Waka Siswa
15 Pelatihan SDM Sekolah/ Bimbingan karir guru 6.2.1 / 6.2.2 Kualifikasi Guru/Kompetensi Guru/TAUS dan teknisi Waka Kur/

TU

16 Bimbingan Karir/

Penyuluhan siswa

6.2.2.d / 8.5.2 / 8.5.3 Pemantauan siswa/pembinaan siswa/pelatihan siswa BP/BK
17 Penyusunan bahan ajar (modul) 7.1.b Bahan ajar, modul Ka.Prog
18 Kegiatan Ekstra kurikuler 6.2.2.b / 7.5.1 PBM/pelatihan siswa Waka Siswa
19 Kerjasama antar lembaga 7.2.2.b MOU Waka Humas
20 Pemasaran tamatan 7.2.3 / 7.5.4.f BKK/kontrak kerja Waka Humas
21 Penelusuran tamatan 7.5.3 / 8.4 Pendataan tamatan/analisa statistik Waka

Humas

22 Administrasi Sekolah 4.2.3 / 4.2.4 Pengendalian dokumen/

pengendalian rekaman/ adm sekolah

TU,  Ka.Prog

Guru

23 Kepemilikan pelanggan (siswa) 7.5.4 Penyimpanan data siswa (buku induk, ijasah dll) TU
24 Promosi Kompetensi Siswa 7.2.3 / 8.2.3 / 8.2.4 Uji Kompetensi Ka Sek,

Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat, tak ada gading yang tak retak mohon saran yang membangun. Terima kasih

Sumber :

Drs Ismanto Tri W (P4TK Bispar Sawangan).  Materi Workshop Implementasi ISO 9001 , 2007

Terjemahan Bebas IWA 2 : 2007

Iklan

About hadi

gemini

Posted on 16 Desember 2013, in Pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: