Kartini Inspirasi Para Wanita Dari Masa Ke Masa

Mari kita renungkan sejenak spirit hidup Kartini, memahami semangat          Kartini bukan sekedar saling memberi ucapan ‘selamat hari Kartini’ saja, bahkan seremonial semata yang cenderung menghilangkan subtansi (jiwa) perjuangan Kartini sendiri.

Semangat juang seorang wanita dalam kehidupan adalah emansipasi dan inspirasi untuk memperbaiki (mengembangkan yang baik membuang yang tidak baik) tradisi. Dimana dulu menempatkan sosok perempuan sebagai kanca wingking, inspirasi semangat memperbaiki budaya (pingitan) dapat ditarik benang merahnya pada realitas kekinian.

Generasi Kartini muda sekarang melakukan emansipasi melalui pengajaran dan pendidikan bagi anak-anak bangsa (perempuan), agar tidak saling menjadi pesaing antara kaum laki-laki dan perempuan, agar kaum perempuan semakin kuat melakukan tanggung jawab dan kewajibannya. Paradigma baru wanita harus terus diwujudkan, tidak sebatas tulisan tapi juga  tindakan nyata, menatap dunia dengan hati, dan cinta kasih.

Kartini sekarang adalah Kartini masa kini, yang harus berbuat dan menjadi wanita teladan ditengah-tengah pengaruh modernisasi dan neo liberalisme. Menjadi Kartini adalah menjadi wanita yang berarti bagi diri, keluarga dan dunia. dan tidak menyerah pada keadaan.

Kartini modern  tidak harus mengorbankan masa depan generasi mendatang (anak). Kodrat/Fitrah wanita menjadi ibu, pendidik merupakan hal positif yang harus berkembang, karena membangun generasi yang berkualitas berawal dari wanita (ibu) yang berkualitas juga . Kualitas Kartini modern harus digali terus menerus dan digelorakan bukan sekedar kesetaraan gender tetapi bagaimana  melakukan perubahan/perjuangan menempatkan sosok wanita menjadi sosok yang bermartabat di masyarakat.

Kartini modern, harus terus berprestasi dalam segala bidang. Kartini harus menjadi terdepan dalam mendesain keluarga yang baik untuk kebaikan bangsa, agar pola asah, asuh dan asih anak tetap berkualitas. Kartini modern harus tetap menjaga kodrat kewanitaannya meski memiliki derajat yang sangat tinggi, terus saling menjadi patner, dan menghormati kaum pria . Selamat Hari Kartini, teruslah berprestasi para Kartini modern, namun jangan abaikan kodrat wanita.

Iklan

About hadi

gemini

Posted on 22 April 2012, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: