Melestarikan Seni Budaya Tradisional

Siapa lagi yang harus peduli dengan pelestarian seni budaya nusantara? jika bukan kita sendiri.

Melestarikan seni budaya tradisional merupakan tugas & kewajiban kita bersama sebagai masyarakat/bangsa indonesia, termasuk pemerintah. Sangat penting dan sangat diperlukan keterlibatan semua komponen masyarakat untuk pelestariannya.

Pemerintah (baik pusat maupun daerah) seharusnya melibatkan dan menggandeng masyarakat setempat dalam upaya pelestarian seni budaya dan pengembangan wisata budaya.

Bentuk dukungan pemerintah terhadap berbagai kelompok-kelompok pencinta seni budaya yang tersebar di beberapa daerah dapat dilakukan dengan cara melibatkan mereka dalam pendataan, inventarisasi, pendokumentasian, pengembangan seni budaya tradisional. Keterlibatan masyarakat  ini sangat urgen mengingat Pemerintah Indonesia sangat berkepetingan untuk menjaga dan melestarikan keberagaman seni tradisional agar terus dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.

Eksistensi seni budaya sangat erat dengan keberadaan sebuah peradaban/bangsa. Karena keberadaan suatu peradaban itu diawali dengan adanya fakta yang dikikis waktu akan menjadi sejarah, kemudian menjadi legenda dan akhir dapat menjadi mitos

Salah satu diantara sekian upaya untuk  menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional SMK Negeri 1 memfasilitasi siswa dalam kegiatan One day with Art. Kegiatan selain sebagai ajang ikut memiliki seni budaya  juga untuk evaluasi kegiatan seni siswa.

Iklan

About hadi

gemini

Posted on 20 Mei 2011, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: