Hari Pendidikan, Cermin diri

Tak jarang dari kita berbuat sesuatu tanpa mengetahui apa makna dari kegiatan tersebut.  Misal ada yang menyelenggarakan kegiatan tasyakuran di hari pendidikan, harapannya mudah-mudahan tidak  diartikan sebagai rasa “PUAS” atas  kondisi dunia pendidikan saat ini. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan masih banyak persoalan yang melilit dunia pendidikan kita, yang membutuhkan penanganan yang cermat dan tepat.

Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, anak putus sekolah, kenakalan anak sekolah, sarana pendidikan yang rusak, tenaga pendidik yang kurang merata, penyalahgunaan anggaran kesalahan tafsir arah pendidikan dll adalah sederet permasalahan yang wajib diselesaikan.

Di hari yang penting ini, marilah kita introspeksi diri. Sudahkan kita berbuat dan bekerja secara maksimal dan profesional di bidang masing-masing tanpa ada keterpaksaan???  Tanpa ada maksud terselubung apapun kecuali mengabdi dan berbakti  kepada profesi ???

Semoga dengan memperingati Hari Pendidikan , kita masih semangat berjuang dan tidak kehilangan makna dari pendidikan itu sendiri serta tidak terjebak pada seremonial belaka tanpa mengerti apa makna sebenarnya di balik hari bersejarah ini.

About hadi

gemini

Posted on 3 Mei 2011, in Catatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar