10 Macam Makanan Pemacu Daya Ingatan

Semua orang tentu menginginkan  anak memiliki kecerdasan dan daya ingat yang tinggi. Namun kebanyakan keinginan tersebut tidak tercapai, karena kecerdasan anak tidak sesuai yang diharapkan. Lalu apa sebenarnya yang mempengaruhi kecerdasan dan kepandaian anak?

Tentu mudah sekali jawabannya yaitu makanan yang dikonsumsi mereka. Walaupun di televisi banyak sekali iklan produk makanan/minuman untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak,  namun hal itu dirasa kurang karena memang kurang alami. Agar anak memiliki kecerdasan yang optimal sebaiknya mulai dari saat ini kita memperhatikan semua yang dikonsumsinya.

Menurut banyak ahli gizi bahwa  makanan sehat tidak harus makanan mahal tapi makanan sehat, seperti sayuran, protein, buah-buahan serta makanan berserat tinggi. Banyak orang tua sekarang yang mengira bahwa memberikan makanan-makanan mahal dari restoran mewah adalah sudah mencukupi gizi dan sudah dikatakan makanan sehat padahal nyatanya tidak seperti itu.

Berangkat dari keinginan untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak saya,  banyak buku saya baca terutama makanan yang dapat merangsang dan meningkatkan daya ingat , ternyata ada 10 macam makanan pemacu daya ingat :

  1. Ikan (terutama ikan air tawar seperti salem, trout, tuna, herring, makarel dan sarden). Ikan tersebut  mengandung banyak sekali kandungan gizinya seperti lesitin ( kolin ), fenilalanin, asam     ribonukleat, DMAE, tirosin, vitamin B6, niasin atau B3, tembaga, protein, seng, asam lemak omega-3 ( DHA ) dan vitamin B12.
  2. Telur,  banyak mengandung gizi diantaranya fenilalanin, lesitin ( kolin ), vitamin E, vitamin B6.
  3. Hati Ayam , mengandung fenilalanin, vitamin B6, niasin atau B3 & protein.
  4. Daging sapi tanpa Lemak, mengandung fenilalanin, lesitin ( kolin, asam glutamik, besi, seng )
  5. Kedelai, mengandung lesitin (kolin ), asam glutamik, fenilalanin, vitamin E, besi, seng, protein, vitami B6.
  6. Gandum, banyak sekali mengandung lesitin ( kolin ), asam glutanik, vitamin B6, B1 & E serta magnesium
  7. Pisang, buah yang mengandung tirosin, magnesium, potasium &vitamin B6.
  8. Produk Susu Rendah Lemak, Makanan ini mengandung fenilalanin, tirosin, slutamin, protein, ALC & vitamin B12.
  9. Alpukat, Makanan ini mengandung fenilalanin, tirosin, slutamin, protein, ALC & vitamin B12.
  10. Ayam, mengandung fenilalanin, vitamin B6, niasin atau B3 & protein.

Yang tidak kalah penting  selain membiasakan memberikan makanan sehat biasakan juga anak selalu sarapan pagi. Karena dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa anak yang sarapan setiap pagi, ternyata lebih fokus mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Karena sarapan pagi mampu menghilangkan rasa lapar dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk beraktivitas

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, terutama bagi yang menginginkan kecerdasan dan daya ingat anak-anaknya meningkat. ( Sumber Buku Otak Sejuta Gigabyte).

Iklan

About hadi

gemini

Posted on 25 Februari 2011, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: